Pemanas udara – perangkat yang merupakan bagian dari boiler, dipanaskan oleh hasil pembakaran dan dirancang untuk memanaskan udara yang masuk ke tungku untuk memastikan proses pembakaran.

Pemanas udara adalah elemen yang sangat diperlukan pada ketel uap modern. Perannya akan meningkat seiring dengan meningkatnya daya unit. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa suhu gas buang di belakang economizer adalah signifikan (350-400 ° C), dan penggunaan panas ini dalam pemanas udara mengurangi suhu gas buang hingga 120-160 ° C. Penting juga bahwa pemanasan udara meningkatkan efisiensi boiler. Kebanyakan pabrik CHP modern menggunakan dua jenis pemanas udara:

  • Pemanas udara recuperative
  • Pemanas udara regeneratif

Pemanas udara recuperative (atau tubular) dilengkapi dengan permukaan pemanas tetap yang melaluinya panas secara terus menerus dipindahkan dari gas buang ke udara. Dalam pemanas udara regeneratif, permukaan pemanas dicuci secara bergantian oleh gas buang dan udara, untuk memastikan proses perpindahan panas.

Pemanas udara berbentuk tabung relatif sederhana dalam desain. Namun, pipa ini rentan terhadap korosi sebagai akibat dari lubang yang sulit dideteksi muncul di dalam pipa, yang menyebabkan udara meluap ke sisi gas. Selain itu, tipe ini secara signifikan lebih rendah efisiensinya dibandingkan dengan pemanas udara regeneratif.

Oleh karena itu, jenis pemanas udara regeneratif yang paling umum dan efektif untuk CHP adalah pemanas udara regeneratif berputar (PEMANAS AWAL UDARA REGENERATIF BERPUTAR), atau, sebagaimana juga disebut tipe Ljungstrom rotary regenerative.

Pemanas udara regeneratif adalah penukar kalor aliran bolak-balik untuk memanaskan udara yang masuk ke pembakar boiler dengan menggunakan panas gas buang. Proses pertukaran panas dalam PEMANAS AWAL UDARA REGENERATIF BERPUTAR dilakukan dengan pemanasan dan pendinginan bergantian dari sebuah putaran, dengan kecepatan sekitar 2 rpm, sebuah rotor dengan paket elemen pemanas dalam aliran gas dan udara. Panas terakumulasi dalam lembaran pemanas saat berada di aliran gas panas, kemudian ditransfer ke aliran udara dingin yang membilasnya. Akibatnya, terjadi proses pemanasan sehingga mencapai suhu yang dibutuhkan. PEMANAS AWAL UDARA REGENERATIF BERPUTAR  terdiri dari rotor yang berputar pada poros vertikal atau horizontal, yang di dalamnya terdapat paket dengan elemen pemanas dari profil tertentu.

Pemanas udara regeneratif memiliki elemen penukar panas (packing) yang terbuat dari lembaran baja bergelombang tipis dan baja datar yang membentuk saluran untukmenyalurkan  produk pembakaran dan udara. Kemasan dalam bentuk bagian (biasanya disebut dengan paket atau keranjang) mengisi rotor berongga silinder, yang dibagi dengan penampang melintang oleh partisi radial buta menjadi sektor-sektor yang diisolasi satu sama lain. Rotor pemanas udara berputar pada frekuensi 1,5-2,2 rpm. Diameter rotor PEMANAS AWAL UDARA REGENERATIF BERPUTAR, tergantung pada ukuran standarnya, dari 5,4 hingga 20 meter atau lebih, dan tingginya dari 1,4 hingga 2,4 m ke atas.

Pergerakan aliran gas dan udara terpisah dan berkelanjutan, dan pengepakan secara bergantian melewati aliran ini. Di bagian gas PEMANAS AWAL UDARA REGENERATIF BERPUTAR, pengemasan logam dari sektor-sektor tersebut mengakumulasi panas, dan kemudian menyalurkannya ke aliran udara. Akibatnya, pemanasan yang berlangsung secara terus menerus dari udara diatur oleh perpindahan panas yang terakumulasi oleh pengepakan dalam aliran gas. Demikian gerakan timbal balik  arus yang saling berlawanan.

Pemanas udara regeneratif tipe Ljungstrom: a – tampilan umum; b – diagram pemasangan segel radial; c – lembar dicetak halus (I) dan diintensifkan (II); 1, 2 – pipa cabang udara dan gas; 3 – pembagi partisi; 4 – bingkai pendukung; 5 – rotor; 6 – pengepakan; 7, 8 – roda gigi dan pinion; 9 – peredam; 10 – motor listrik; 11 – kasus; 12 – poros; 13 – segel radial.

Pemanas udara regeneratif secara struktural lebih rumit daripada pemanas pemulihan, tetapi pemanas ini kompak/padat, memerlukan lebih sedikit konsumsi logam, dan memiliki ketahanan aerodinamis yang rendah. Keunggulan pemanas ini adalah efisiensi penggunaanya, menghemat bahan bakar, meningkatkan kinerja lingkungan di lokasi CHP berada. Semua faktor ini berkontribusi pada fakta bahwa LLC “SMK” Alternativa ” bekerja dengan pemanas udara jenis ini.

Menu